Sabtu, 07 Februari 2009

Sedikit Profil Akademi Meteorologi dan Geofisika Jakarta

Logo Akademi Meteorologi dan Geofisika

Ini nih posting yang saya suka, mungkin kelihatannya sedikit promosi tapi gak apa-apalah. Siapa tau aja ada yang berminat dan tertarik setelah membaca postingan saya sebelumnya tentang meteorologi. Bagi yang mau lulus SMA, SMK jurusan teknik, elektronik, ataupun listrik atau yang udah lulus namun masih bingung untuk memikirkan masa depan, mungkin postingan saya bisa membantu mengurangi kebingungan anda. Amin . . . . .

Sebenarnya terdapat 2 jurusan di AMG yaitu Jurusan Meteorologi dan Jurusan Geofisika (Bahkan rencananya AMG akan menambah satu jurusan lagi, yaitu Instrumentasi), namun saya lebih menitikberatkan untuk menjelaskan Jurusan Meteorologi, karena saya mengambil Jurusan Meteorologi.

Gedung Administrasi AMG


Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah instansi atau lembaga Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Berlokasi di Jalan Perhubungan I No. 5 Komp. Meteorologi, Pondok Betung, Tangerang, Banten merupakan satu-satunya sekolah/perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari organisasi meteorologi dunia (World Meteorological Organization-WMO) untuk melaksanakan fungsi meteorologis sebagai analisis dan prakirawan cuaca Indonesia dan Dunia. Dengan demikian, para lulusan-lulusan AMG diharapkan dapat menjadi Ahli Madya Meteorologi dan Geofisika yang berkompeten menangani masalah-masalah Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, dan Geofisika (MKKuG)

Kampus Akademi Meteorologi dan Geofisika

Sistem Pendidikan di AMG menerapkan sistem SKS paket, jadi dalam 3 (tiga) tahun masa belajar aktif dan 1 (satu) tahun Praktek Kerja Lapangan, mahasiswa AMG diharapkan dapat lulus dalam menjalani pendidikan di AMG selama 4 (empat) tahun dengan beban materi mata kuliah dasar umum, mata kuliah dasar keahlian, dan mata kuliah keahlian yang sudah ditetapkan oleh kurikulum dan silabus BMKG.

Kampus Akademi Meteorologi dan Geofisika

Selama mengikuti pendidikan di AMG, mahasiswa akan diberikan uang Tunjangan Ikatan Dinas sebesar Rp. 350.000,-/bulan. Dalam 1 (satu) tahun pertama, mahasiswa masih berstatus ikatan dinas, pada Tahun ke-2, Mahasiswa akan menjalani satu tahun PKL di UPT-UPT BMKG seluruh Indonesia dan sudah berstatus CPNS, sehingga berhak mendapatkan gaji sebesar 80% gaji pokok PNS, namun uang TID menjadi hilang. Tahun ke-3 dan ke-4, Mahasiswa kembali menjalani masa perkuliahan di Kampus AMG hingga lulus.

Pendaftaran AMG biasanya dibuka sekitar Mei-Juni, apabila berminat info lengkapnya dapat dilihat di situs AMG www.amg.ac.id.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda untuk dapat lebih maju menghadapi masa depan.

Wassalamualaikum wr. wb.

3 komentar:

  1. numpang nanya gan, TID itu mksdnya apa yach? ,makasih

    BalasHapus
  2. sulit ga' sih kuliahnya..??

    BalasHapus
  3. harus benar'' pintarkah untuk masuk ke sana ..?? #pengennn~

    BalasHapus